Ini Perbedaan So「Baccarat Trial」to dari Berbagai Daerah di Indonesia

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bertaruh pada trik baccarat

BiasanBaccarat Trialya, penamaan sebuah varian soto akan Baccarat TrialBaccarat Trialdiikuti dengan nama daerahnya, misalnya soto Banjar, soto Betawi, soto Padang, soto mi Bogor, dan lain-lain.

Dapatkan infBaccarat TrialBaccarat Trialormasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Di Indonesia, sebuah kuliner atau makanan bisa memiliki nama yang sama namun memiliki perbedaan mulai dari penyajian, cara memasak, hingga isian, tergantung daerah asalnya.

Dalam seminar Soto sebagai Representasi Cita Rasa Indonesia Indonesia yang diadakan Bekraf Creative Labs tahun 2017, Guru Besar Universitas Gadjah Mada Prof Murdijati Gardjito menyebutkan setidaknya ada 75 variasi soto yang tersebar di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, 61 jenis soto atau 81,33 persen di antaranya berada di Pulau Jawa dan Madura.

Prof Murdijati menyebutkan, bahan yang digunakan untuk membuat soto menyesuaikan dengan potensi setiap daerah.

Sisanya tersebar di Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, dan Kalimantan. Sebuah kekayaan kuliner yang luar biasa.

Tidak hanya itu, bumbu yang digunakan untuk memasak soto pun beraneka ragam. Ada enam bumbu paling penting yang digunakan, yakni bawang putih (98,67 persen), bawang merah (88 persen), merica (72 persen), jahe (68 persen), kunyit (56 persen), dan serai (56 persen).

Salah satu kuliner Indonesia yang menjadi makanan khas di berbagai daerah adalah soto. Dilansir dari berita Kompas.com Rabu (8/9/2021), soto merupakan kuliner Indonesia yang memiliki puluhan varian tergantung daerahnya.

Baca juga: Berapa Jumlah Kalori dalam Semangkuk Soto Daging?

Adapun kuah soto di Indonesia dibedakan menjadi dua, yakni berwarna dan bening. Kuah berwarna kuning mendominasi sekitar 64,58 persen dibandingkan dengan warna kecoklatan (4,17 persen) dan lainnya (31,25 persen).

Baca juga: Ramai soal Soto, Ini Hidangan Soto dari Jawa, Sumatera, dan Berbagai Daerah di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tiap-tiap varian soto memiliki ciri khasnya masing-masing.

KOMPAS.com - Tidak hanya memiliki keanekaragaman budaya, Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner.

Dari hasil penelusurannya, ada 42 variasi bahan membuat soto. Bahan yang paling banyak digunakan adalah daging ayam (52 persen), tauge (38, 67 persen), sohun (34,67 persen), telur (29,33 persen), dan daging sapi (28 persen).